Senin, 22 April 2013

DURIAN PANCAKE


Sekarang lagi musim durian, dimana - mana banyak penjual durian, pingin beli tapi kok harganya mahal ya! Di tahun - tahun sebelumnya kayaknya tidak semahal ini, usut punya usut ternyata ada pembatasan impor hortikultura, sehingga buah - buah impor menjadi jarang dan mahal sekali, sehingga buah lokal pun ikut naik harganya. Kebetulan dalam perjalanan pulang ke Jogja, ketika lewat daerah Muntilan ada beberapa penjual durian lokal berjajar di pinggir jalan, akhirnya berhenti dan jadinya beli. Harganya lumayan murah dibanding kalau beli di Jogja, dan setiap beli durian pasti aku minta dibuka dan langsung pindah ke kotak plastik kedap udara. Hal ini aku lakukan biar tidak tertipu dengan durian yang jelek, soalnya aku tidak bisa memilih durian yang bagus.

Aku beli dua buah, duriannya ini bijinya kecil dan daging buahnya tebal, mungkin hasil budidaya durian monthong di daerah sini. Berhubung kalau dimakan langsung kalau kebanyakan eneg soalnya duriannya besar sehingga isinya banyak, jadinya mikir mau dibuat apa ya sisanya. Suamiku bilang di bikin es krim durian saja, ya udah akhirnya beli whipcream buat bikinnya. Nah jadi kepikiran gimana ya kalau dibuat pancake durian, setelah browsing akhirnya nemu resep pancake durian ini, ya sudah langsung di bikin.



Durian Pancake
Resep kulit :
Oleh Fatmah Bahalwan
Bahan :
250 gr tepung terigu
3 btr telur
500 ml santan
1/2 sdt garam

Resep Isi :
Oleh : Aku
Bahan :
500 gr daging durian
500 ml whipcream
100 gr gula pasir (Disesuaikan selera, kalau kurang manis bisa ditambah)

Cara membuat :
  1. Isi : blender semua bahan isi kemudian simpan di frezer semalam.
  2. Kulit : Taruh dalam wadah tepung terigu, garam dan telur aduk rata sambil dituangi santan sedikit demi sedikit hingga santan habis, kemudian saring lalu buat dadar tipis dengan wajan teflon atau wajan kwalik.
  3. Penyelesaian : ambil selembar dadar beri bahan isi yang sudah membeku seperti es krim, lalu lipat seperti amplop. 



Untuk isinya bisa juga dengan cara whipcream dikocok hingga kaku, lalu sendokkan di kulitnya kemudian tambahkan daging durian yang sudah dilembutkan, tutup dengan whipcream lagi baru kulitnya dilipat seperti amplop.

1 komentar: